Suzuki Menjuarai MotoGp
18.02Sesudah penantian yang cukup lama, kesudahannya suzuki sukses menghancurkan dominasi yamaha dan honda dikancah MotoGp selama sebagian tahun terakhir. Terakhir tahun 2007 dikala stoner membawa ducati menjuarai MotoGP, berikutnya hingga tahun 2019 kemaren pemenang MotoGp cuma didominasi oleh honda dan yamaha. Tetapi ditahun 2020, suzuki membikin kejutan dengan menjadi champion MotoGp yang dinakhodai oleh pebalap asal spanyol Joan Mir. Meskipun pada balapan terakhir joan mir cuma finish diurutan ke 7, ia konsisten menjadi pemenang dunia dengan konsistensinya selama perhelatan MotoGp.
Kecuali rider yang tetap, tentunya mesti disupport oleh motor yang baik, mengendarai suzuki GSX-RR yang tahun demi tahun terus menjalankan perkembangan supaya bisa berkompetisi dengan pabrikan motor lainnya. seperti apasih spesifikasi mesin dari suzuki GSX-RR yang ditunggangi oleh Joan Mir hal yang demikian? dan apa hubungannya dengan chassis dynamometer, berikut penjelasannya!
Suzuki GSX-RR mengusung mesin dengan kapasitas 1000cc 4 silinder inline, DOHC 16 valve dengan metode pendingin radiator. Dengan disupport gearbox 6 dengan percepatan seamless dan energi optimal yang diwujudkan menempuh 176 Kw / 236 HP dengan kecepatan maksimum sampai 340 km/jam.
Kecuali itu, suzuki GSX-RR juga memakai chassis alluminium twin spar, sempurna berat motornya menempuh 157 kg. suspensi depan dan belakang telah memakai ohlins, sementara dibagian pengereman juga telah memakai kaliper brembo dengan piringan yang telah berbahan karbon. Lanjut dibagian dimensinya mempunyai panjang 2096 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1140 mm serta wheel base 1457 mm. motor ini juga telah memakai perangkat lunak magneti marelli.
Dari spesifikasi diatas, bisa dipandang dari kendaraan suzuki telah cakap berkompetisi dengan saingannya, serta juga mengamati keluhan dan rekomendasi dari pebalapnya supaya peforma motor bisa maksimal sehingga Joan Mir bisa secara tetap berada dalam trek kemenangan pada balapan MotoGp. Sebab didalam balapan atau laga apa saja yang memakai metode point, konsistensi yaitu kunci utama dalam meraih kemenangan. Jadi memang menurut pengamatan selama perhelatan MotoGp, Joan Mir sudah memperlihatkan bahwa ia pantas menjadi pemenang.
Disamping itu perlu dikenal bahwa tiap-tiap mesin kendaraan yang dijadikan atau dirakit, sebelum diaplikasikan pada balapan mesti dilaksanakan pengujian memakai chassis dynamometer. ini diaplikasikan untuk mengenal apakah motor hal yang demikian telah pantas dengan yang diinginkan atau tak, sebab dengan pengujian memakai chassis dynamometer bisa dikenal berapa energi dan torsi optimal yang diwujudkan oleh motor hal yang demikian.
Sumber : Dynamometerindonesia