Kelebihan Dan Fitur Chassis Dynamometer
23.01Baru baru ini, di sosial media lagi viral pengendara kendaraan beroda empat yang menubruk pengendara motor sport yang belakangan dikenal CBR 1000RR SP yang mengakibatkan pengendara motor tersebut mengalami patah tulang. Berdasarkan kabar yang didapatkan, pengendara kendaraan beroda empat ayla kesal karena dirinya merasa digeber oleh pengendara CBR, meskipun pengendara motor merasa ia tidak menggeber motornya, dalam artian itu yakni bunyi standar motornya. Kasus ini kian viral karena agar kasus tidak dilanjutkan ke trek aturan, keluarga pelaku hingga menawarkan kendaraan beroda empat dan rumah untuk sebagai ganti rugi. Emang berapa sih harga CBR1000RR SP? Harganya cukup fantastis yakni sekitar 600 juta, kalau diperbandingkan dengan harga kendaraan beroda empat daihatsu ayla yang varian tertingginya seharga 150 jutaan. Jadi harga 1 motor CBR1000RR bisa membeli 4-5 unit kendaraan beroda empat daihatsu ayla. Apasih yang menyebabkan CBR1000RR SP mempunyai harga yang fantastis? Berikut penjelasannya!
CBR1000RR SP yakni motor sport yang dikeluarkan oleh pabrikan honda. Memakai mesin liquid cooled, 4 stroke, 16 valve, DOHC inline 4 Cylinder dengan kapasitas 999,8 cc dengan transmisi 6 speed. cara bahan bakarnya sudah menerapkan PGM-DSFI ( Programmed Dual Stage Fuel Injection). Energi maksimal yang dihasilkan yakni sebesar 152 HP pad 12.250 Rpm dan torsi maksimal 114 Nm pada 10.500 Rpm. Kecepatan maksimal yang dihasilkan motor ini bisa menempuh 299 Km/ jam dalam keadaan standar. Dilengkapi dengan berbagai aksesories serta fitur-fitur mewah seperti pengereman depan sudah menerapkan brembo double disc dengan cara ABS, suspensi depan dan belakang menerapkan merk ohlins yang sudah teruji kualitasnya serta rangka alluminium composite twin-spar.
CBR1000RR SP sudah dilengkapi dengan keamanan kunci kontak yang terhubung cara elektronik HISS (Honda Ignition Security System), lampu sudah menerapkan LED dan masih banyak yang lainnya. jadi harga motor yang lumayan mahal sebanding dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang sudah terjamin kualitasnya.
Isu tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh motor CBR1000RR SP ataupun motor lainnya bisa dikenal dengan melakukan pengujian dengan menerapkan chassis dynamometer yang khusus untuk pengujian kendaraan roda dua. Dengan pengujian, kita bisa mengenal kabar lainnya seperti perbandingan bahan bakar dan udara serta emisi gas membuang kendaraan tersebut. dari hasil penguijan, bisa dikenal apakah motor tersebut sudah cocok untuk didistribusikan. Pengujian dengan menerapkan chassis dynamometer akan menerima hasil akurasi yang pas atau cocok saat kendaaraan melaju dijalanan, Kenapa? Karena pengujian kendaraan dengan chassis dynamometer dilakukan dengan roda belakang kendaraan berada diatas roller dynamometer yang akan diputar oleh roda kendaraan.
Jadi roller dynamometer diibaratkan dengan trek, lalu motor melaju diatas roller hingga Rpm maksimal atau limit kendaraan tersebut. kalau dijalanan kabar yang didapatkan dari display speedometer kendaraan hanya berupa speed kendaraan, konsumsi bahan bakar serta jarak tempuh, pada pengujian akan didapatkan kabar lebih detil dari mesin kendaraan tersebut. chassis dynamometer banyak dipakai pada workshop pengujian kendaraan dan produsen kendaraan. Jadi setiap motor yang akan dirilis khususnya dahulu dilakukan pengujian chassis dynamometer untuk mengenal spesifikasi detilnya apakah sudah cocok atau belum, kalau sudah cocok karenanya akan dilakukan test ride untuk menguji ketahanan sebelum diproduksi lebih banyak untuk didistribusikan.
Sumber : Dynamometerindonesia